March 26, 2015

Disc Brake alias Rem Cakram

Sistem rem tromol depan untuk eljot selalu bermasalah dan hampir kehabisan akal untuk mengatasinya. Biang masalahnya adalah cv joint yg mulai goyah, menyusul dratnya mulai aus. Mau ganti cv joint saja sudah tak ada yg jual (baru/NOS). Drat disenai ulang sampai ukuran mur 18, sudah mentok sekarang. Ada kemungkinan ditambahkan daging lagi di drat yg sdh aus. Tapi berapa lama akan tahan? Cukup aneh dan sulit dipercaya para insinyur Jepang mendisain model rem depan seperti itu. Lebih tak percaya lagi jika sampai detik ini masih ada LJ10-80 yg aktif digunakan masih menggunakan tromol depan dengan cv joint bawaannya, drat masih ukuran asli, dan tanpa masalah!

[UPDATE] Berdiskusi dgn Pak Sony di bengkel 4x4 dekat terminal Giwangan cukup mencerahkan, sebelum mengambil keputusan. Rupanya konversi rem tromol ke rem cakram bisa tidak menggunakan cv joint! Ya, yg diperlukan adalah 1) satu set cakram Jimny SJ, 2) selang rem. Itu thoktil! Ya, as roda, cv joint, tromol set dr eljot dilepas semua. Lantas dipasang cakram & selang remnya. Lho kok bisa? Ya begitu saja. Fungsi roda hanya untuk menggelinding. 4x4nya tak berfungsi. Nah ini dia solusi utk low budget :) Nanti klo ada duit lagi baru pasang cv joint Jimny dgn as roda bawaan eljot yg ada plus nap atau freelock spy fungsi 4x4nya aktif kembali. Atau kalo punya duit unlimited beli cv joint asli bawaan eljot yg msh gress spy tetap orisinil.
Sekalian lihat dan hitung jumlah spline/gigi2 di as roda eljot yg terhubung dg cv joint berjumlah: 19 teeth. Jadi cv joint yg cocok memang yg dr Jimny SJ410 saja bukan SJ413.

SJ410 (Disc brake):
SJ410 Santana (Drum brake):
SJ413 Samurai
[UPDATE] Melepas cv joint bawaan eljot dari as roda sangat mudah dilakukan tinggal dipukul dgn kayu/palu kayu (bukan besi/palu besi!) langsung lepas. Pegang as roda, pukul cv joint. Tapi melepas cv joint Jimny SJ dari as rodanya mustahil dilakukan dgn teknik yg sama atau teknik tukang bubut sekalipun. Atau cv joint atau as rodanya yg rusak dikorbankan. Ini karena c-clip ring yg mengunci di dalam as roda dgn cv joint begitu rapat, lain halnya dgn yg di eljot yg cukup longgar. Begitu mnrt pengalaman Pak Sony. Di thread ini http://forum.difflock.com/viewtopic.php?p=578670&sid=4fa6a10463b79e5f0cfd5b8c6f0ae15c bilang almost impossible. Di sini: http://www.suzukiclubuk.co.uk/forum1/viewtopic.php?t=220  bisa. 

Sambil berburu onderdil yg dibutuhkan untuk konversi ke disc brake, iseng2 menemukan dokumentasi yg sangat rinci utk konversi rem depan tromol ke rem cakram. [UPDATE] Jika fungsi 4x4 mau diaktifkan.
001.jpg

002.jpg

003.jpg

004.jpg

005.jpg

006.jpg

007.jpg

008.jpg

009.jpg

010.JPG

011.jpg

012.jpg

013.jpg

014.jpg
Sumber: http://www.suzukiclubuk.co.uk/forum1/viewtopic.php?p=75500

[UPDATE]
Damage cost konversi ke disc brake:
1. Disc brake ex jimny: 1.4
2. Tutup nap ex jimny: .450
3. Selang & kanvas rem: .350
4. Ongkos: .200
Sekarang eljot bisa menggelinding dengan yakin dan kalo ada rejeki lagi tinggal tambah cv joint spy 4x4 aktif lagi.

1 comment: